Fix Audio pada Hackintosh dengan AppleALC


Fix Audio pada Hackintosh dengan AppleALC – Setelah sebelumnya melakukan hal-hal yang harus dilakukan sesaat setelah Macintosh selesai diinstal pada PC, namun masih ada beberapa device yang belum otomatis berfungsi, salah satunya adalah Audio. Tulisan ini akan menunjukkan bagaimana caranya agar Audio pada Hackintosh dapat berfungsi dengan menggunakan kext bernama AppleALC dan beberapa pengaturan lainnya.

Kenali Perangkat Audio-mu

Yang perlu dipersiapkan untuk menggunakan metode ini adalah kita harus lebih dulu mengenal device kita dengan baik, seperi nama vendor, codec dan layout-id nya. Kebetulan di sini saya menggunakan Conexant CX20757 dengan layout id 3 dan 28. Informasi tentang layout id bisa teman-teman lihat pada link berikut.

Daftar Codec yang didukung oleh AppleALC

Persiapkan Kexts

Selanjutnya kita harus mempersiapkan kexts yang akan digunakan, di sini kita menggunakan AppleALC.kext dan Lilu.kext. Copykan kedua kext tersebut ke EFI/CLOVER/kexts/Others. Pastikan tidak ada kext audio lainnya seperti VoodooHDA.kext. Pastikan pula bahwa kedua kext (AppleALC dan Lilu) dan juga AppleHDA sudah ter-load oleh Hackintosh, periksa dengan menjalankan perintah ini melalui Terminal.app

Memeriksa Kexts apakah sudah ter-load oleh Hackintosh

Kasus yang pernah saya alami ialah AppleHDA.kext tidak ter-load oleh Hackintosh, hal ini kemungkinan konflik dengan patch yang saya gunakan (maklum hasil copy-paste). Yang saya lakukan agar AppleHDA.kext ter-load, saya aktifkan FixHPET melalui config.plist/acpi/fixes.

Mengaktifkan FixHPET pada config.plist/acpi/Fixes dengan Clover Configurator

Instal dan Konfigurasi Kext

Untuk menginstal kext, cukup dengan meletakkan AppleALC.kext dan Lilu.kext ke EFI/CLOVER/kexts/Others. Selain itu tambahkan bootflag pada Clover dengan parameter alcid=3 lalu restart komputer. Apabila audio masih tidak berfungsi, coba ganti dengan alcid=28.

Angka 3 dan 28 disitu adalah layout-id dari perangkat Conexant CX20757. Silakan teman-teman sesuaikan dengan layout-id pada perangkat masing-masing.

Menambahkan parameter alcid pada config.plist/Boot/Arguments

Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa lihat pada video berikut yang sudah saya buat. Jangan lupa subscribe channelnya agar mendapat update terbaru tentang Hackintosh. Terima kasih 🙂

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.