Things to do After Installing Macintosh on PC


Things to do After Installing Macintosh on PCSetelah Macintosh benar-benar baru saja selesai diinstal pada PC (Hackintosh), lalu hal-hal apa saja yang harus dilakukan selanjutnya? Tulisan ini akan menguraikannya. Dilakukan berdasarkan pengalaman pribadi saat menginstal Hackintosh Catalina 10.15 pada Lenovo G400s.

Install Bootloader

Saat selesai instal, Hackintosh belum memiliki bootloader, artinya teman-teman harus menjalankan Hackintosh dengan bantuan USB bootable. Untuk itu, perlu kita lakukan instalasi bootloadernya. Di WIndows biasanya kita gunakan Windows Bootloader. Untuk di GNU/Linux biasanya Lilo (Linux Loader) atau GRUB. Nah, untuk di Hackintosh ini kita bisa gunakan Clover Bootloader.

Salah satu contoh tema Clover Bootloader

Bootloader adalah “pintu masuk” kita pada satu atau beberapa sistem operasi yang terinstal pada komputer. Dengan adanya pintu masuk ini, kita bisa memilih salah satu dari beberapa sistem operasi yang mungkin terinstal dalam satu komputer yang sama.

Install KEXTS

Kext (Kernel Extensions) merupakan sebutan untuk sebuah “driver” dalam lingkungan sistem operasi Macintosh. Karena Hackintosh adalah sebuah sistem operasi Macintosh yang diinstal pada PC, tentu tidak semua perangkat/device dapat dikenali oleh Macintosh. Untuk itulah kita harus pandai-pandai memilih kext mana yang sesuai. Dan untungnya, sudah banyak sekali forum-forum yang membahas tentang Hackintosh ini, jadi biasanya sudah disediakan oleh mereka kext yang cocok untuk mesin/komputer kita.

Olarila.com – The real vanila Hackintosh

Hackintosh yang saya gunakan sendiri saya ambil dari website olarila.com, dimana ini lebih “vanila” ketimbang hackintosh distro seperti Hackintoshzone. Disebut vanila karena memang sistem operasinya sendiri lebih murni dan tidak ditambahkan kext atau konfigurasi apapun pada inti sistemnya, setiap konfigurasi tambahan hanya dilakukan pada Clover.

Melakukan Patch

Tidak semua kext yang tersedia sudah benar-benar sesuai dengan mesin komputer kita, ada kalanya kita perlu melakukan patch agar kext dapat berjalan dengan mulus. Dengan melakukan patch ini, salah satunya ialah untuk pengaturan brightness. Dan sekarang brightness pada hackintosh saya benar-benar telah berfungsi dengan baik. Dan masih banyak lagi patch yang harus dilakukan jika kext masih belum menghandle.

Salah satu proses patch DSDT yang membingungkan

Tahapan-tahapan yang saya lakukan di atas sudah pernah saya buatkan dalam bentuk video, semoga teman-teman bisa mengikutinya dengan mudah.

Things to do after installing Hackintosh

Install Aplikasi

Tanpa aplikasi, Hackintosh yang kita bangun tidak akan memiliki fungsi apa-apa. Beberapa aplikasi yang umumnya diinstal setelah Hackintosh selesai diinstal adalah aplikasi Office yang memang belum tersedia secara default pada Hackintosh. Aplikasi lain semisal Media Player, Web Browser, Teks Editor sudah tersedia saat Hackintosh diinstal.

Menginstal aplikasi pada Macintosh di PC (Hackintosh) sangat mudah sekali dan juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Saya sudah pernah menuliskannya pada tautan berikut, silakan dikunjungi.

Teman-teman bisa ikuti channel youtube saya untuk mendapatkan update lainnya tentang Hackintosh, pemrograman komputer dan hal lainnya tentang ilmu komputer.

Daftar video pada channel Riyanto Assiaki

1 thought on “Things to do After Installing Macintosh on PC

  1. Pingback: Fix Audio pada Hackintosh dengan AppleALC | Kangriyanto.net

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.