Belajar Pemrograman Komputer, Mulai Dari Mana?

Belajar Pemrograman Komputer, Mulai Dari Mana?


Belajar Pemrograman Komputer, Mulai Dari Mana? – Bagi sebagian orang belajar bahasa pemrograman komputer adalah hal yang rumit, dan bagi sebagian yang lain justru menganggapnya mudah. Apa sih keuntungannya kita menguasa bahasa pemrograman? Atau bagi pemula yang ingin belajar pemrograman komputer, harus mulai dari mana sih? Atau bahasa pemrograman apa yang harus kita kuasai? Tulisan ini akan mencoba menjawabnya secara subjektif.

We Have to Know

Ada banyak sekali bahasa pemrograman komputer di dunia ini. Mulai dari bahasa pemrograman tingkat rendah hingga bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti Assembly, COBOL, Fortran, C, C++, Pascal, Basic, Java, PHP, Ruby, Python, dan masih banyak lagi yang lain. Lalu kita harus memilih bahasa pemrograman yang mana?

Beberapa Bahasa Pemrograman Komputer

Setiap bahasa pemrograman dibuat untuk kebutuhan tertentu. Misalkan ingin belajar membuat aplikasi Android, teman-teman bisa mulai belajar bahasa pemrograman Java atau Kotlin. Ketika ingin dapat membuat website, teman-teman bisa mulai belajar bahasa pemrograman PHP, ASP ataupun JSP, dan sebagainya. Jadi, pelajarilah bahasa pemrograman sesuai dengan goal apa yang ingin kita kuasai.

Haruskah Kita Belajar Bahasa Pemrograman?

Seorang jenius pendiri perusahaan Apple, Steve Jobs pernah berkata, “Everybody in this country should learn how to program a computer, because it teaches you how to think”. Menurutnya, setiap orang seharusnya belajar memprogram komputer karena dengan memprogram komputer akan mengajarkan kita untuk berfikir.

Dengan menguasai bahasa pemrograman, kita dapat membuat produk ataupun layanan yang dapat digunakan oleh banyak orang. Di Indonesia sendiri sudah mulai bermunculan layanan-layanan digital baru yang saat ini mungkin saja sedang kita gunakan. Semuanya dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Mulai Belajar Bahasa Pemrograman

Setelah menyadari bahwa belajar bahasa pemrograman itu penting, maka langkah selanjutnya yang paling penting sebelum bahasa pemrograman yaitu belajar Algoritma Pemrograman. Mempelajari ini berkaitan erat dengan logika berfikir kita dalam menyelesaikan persoalan, lalu dituangkan dalam bahasa pemrograman yang ingin dikuasai.

Dasar-dasar algoritma sendiri hanya ada 3, yaitu runtunan, percabangan dan perulangan. Jadi, cukup pahami 3 dasar algoritma ini yang kemudian diimplementasikan dalam bahasa pemrograman maka kita akan mudah dalam belajar bahasa pemrograman lainnya, hanya tinggal menyesuaikan bahasanya saja.

Itulah tadi tulisan singkat tentang alasan mengapa kita perlu mempelajari bahasa pemrograman, hingga hal apa yang harus dilakukan agar dapat menguasai bahasa pemrograman. Semoga sharing ini bermanfaat buat teman-teman semuanya. 🙂

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.