Menyisipkan Konten Pemrograman pada Blog Wordpress

Menyisipkan Konten Pemrograman pada Blog WordPress


Menyisipkan Konten Pemrograman pada Blog WordPress – Belajar pemrograman dan mulai menulis program untuk membuat aplikasi bagi saya merupakan sebuah hobi dan berbagi pengetahuan kepada teman-teman merupakan sebuah kesenangan. Jika teman-teman memiliki hobi yang sama, dan ingin menyalurkan hobi dengan membuat konten blog (WordPress) untuk pemrograman, teman-teman bisa baca tulisan ini sampai selesai.

Apa itu WordPress?

WordPress merupakan salah satu platform pembuat website yang banyak dipakai oleh orang-orang diseluruh dunia. Orang-orang mungkin mengenal WordPress sebagai salah satu Content Management System (CMS), ya itu juga benar karena memang WordPress juga membuat CMS.

Untuk membuat website dengan menggunakan CMS WordPress dan bisa mengkustomnya sendiri, teman-teman bisa mengunjungi website wordpress.org. Sedangkan jika teman-teman ingin membuat website/blog dengan cepat tanpa perlu melakukan kustomisasi teman-teman bisa mengunjungi website wordpress.com.

WordPress.com – What can you do on WordPress.com?

Menulis Konten untuk Pemrograman

Untuk bisa menulis konten pemrograman di WordPress, teman-teman tentunya harus sudah punya website atau blog yang dibuat menggunakan wordpress (.com atapun .org), lalu kemudian masuk ke halaman Dashboard.

Pada halaman Dashboard, teman-teman akan banyak menemukan menu yang tersusun vertikal dan terletak disebelah kiri, pilih menu Posts lalu Add New. Teman-teman akan dihadapkan pada Text Editor Gutenberg, sebuah teks editor terbaru milik WordPress.

Masukkan judul postingan yang ingin teman-teman buat, lalu tulis beberapa kalimat sebagai kalimat pembuka. Untuk memasukkan konten pemrograman (sintaks/bahasa pemrograman), teman-teman bisa klik tombol (+) yang muncul disebelah kiri untuk menambahkan Blok. Cari dan pilih SyntaxHighlighter Code pada bagian Formating.

Menambahkan Blok SyntaxHighlighter Code pada Gutenberg WordPress

Setelah memilih blok SyntaxHighlighter Code, teman-teman bisa menentukan ingin menyisipkan bahasa pemrograman apa, formatnya bagaimana, dan lain-lain telah tersedia di sebelah kanan. Seperti pada gambar berikut, ubah Plain Text pada Code Language menjadi bahasa pemrograman apa saja yang ingin teman-teman sisipkan. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang dapat disisipkan, seperti ActionScript, Bash/Shell, C#, C/C++, Clojure, CSS, Delphi/Pascal, Erlang, HTML, Java, PHP, Perl, Python, SQL, Visual Basic dan masih banyak lagi.

Melakukan format SyntaxHighlighter Code pada Gutenberg WordPress

Jika telah selesai, teman-teman bisa langsung menekan tombol Publish agar isi postingan dapat muncul di halaman utama website dan dapat dibaca oleh orang-orang diseluruh dunia.

Oke, itulah tadi bagaimana cara menyisipkan konten bahasa pemrograman pada blog WordPress dengan menggunakan editor Gutenberg sebagai default editor WordPress saat ini. Semoga hobi teman-teman bisa bermanfaat. Selamat mencoba 🙂

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.