Cara Cepat dan Mudah Cloning Harddisk Tanpa Aplikasi

Cara Cepat dan Mudah Cloning Harddisk Tanpa Aplikasi


Cara Cepat dan Mudah Cloning Harddisk Tanpa AplikasiKebayang gak sih harus melakukan pekerjaan yang sama secara terus-menerus, butuh waktu lama dan itu merepotkan? Saya pernah, yaitu harus menginstal 20 komputer di labor. Solusinya adalah melakukan kloning dengan menggunakan aplikasi Norton Ghost, meski lebih hemat waktu, tetapi masih repot. Tulisan ini akan menunjukkan cara cepat dan mudah kloning harddisk tanpa menggunakan aplikasi.

Intro

Kloning (cloning) harddisk merupakan proses menduplikat atau menggandakan isi pada harddisk, baik itu sistem operasi ataupun data. Untuk proses duplikasi harddisk disini saya menggunakan sebuah alat bernama HDD Docking Station dari Orico. Seri perangkat yang saya gunakan yaitu Orico 6629US3-C, dimana mendukung port SATA baik untuk harddisk berukuran 2.5 inch dan 3.5 inch.

Alat ini memiliki dua fungsi, yaitu sebagai docking harddisk (maupun SSD), juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengkloning harddisk. Jadi, kalau teman-teman punya harddisk laptop atau PC dan ingin digunakan sebagai harddisk eksternal, bisa gunakan alat ini.

Cara Penggunaan

Karena punya dua fungsi, pertama untuk cara penggunaan HDD Docking Station sebagai docking harddisk, teman-teman bisa hubungkan port DC ke power dan USB 3.0 ke laptop/PC. Kemudian tancapkan harddisk yang akan dijadikan harddisk eksternal ke HDD dock. Kemudian pindahkan tombol switch ke posisi PC lalu tekan ON pada docking.

Cara Cepat dan Mudah Cloning Harddisk Tanpa Aplikasi
Port Belakang pada HDD Docking Station Orico 6629US3-C

Sedangkan untuk menggunakan HDD Docking Station untuk mengkloning harddisk, teman-teman pastikan dulu posisi harddisk source dan target jangan sampai kebalik, lalu pindahkan tombol switch ke posisi Clone, lalu tekan ON dan terakhir tekan Start. Sesaat setelah menekan tombol Start, proses cloning dari harddisk source ke harddisk target akan langsung dimulai. Tunggu hingga beberapa saat hingga indikator mencapai 100%.

Bahasa mudahnya, tancap harddiskswitch ke posisi cloning – tekan ON – tekan start – selesai.

Nah itulah tadi cara cepat dan mudah melakukan cloning harddisk tanpa aplikasi. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.