Mudahnya Install Aplikasi di MacOS


Mudahnya Install Aplikasi di MacOS – Macintosh Operating System (MacOS) merupakan sistem operasi komputer yang dibuat oleh perusahaan bernama Apple. Seperti halnya sistem operasi lain seperti Windows maupun GNU/Linux, MacOS juga dapat dipasang aplikasi dari pihak ketiga. Tulisan ini akan saya jelaskan bagaimana melakukan instalasi (pemasangan) aplikasi di MacOS atau setidaknya menjadi info bagi teman-teman pengguna sistem operasi Windows ataupun GNU/Linux.

Terdapat beberapa ekstensi aplikasi yang biasanya sering kita jumpai saat mendownload aplikasi pihak ketiga untuk kita instal pada MacOS, diantaranya ekstensi .app, ekstensi .pkg dan terakhir adalah .dmg

File .app

Aplikasi dengan ekstensi .app ini sebenarnya tidak memerlukan proses instalasi atau dapat dikatakan seperti file portable karena untuk menjalankannya teman-teman hanya perlu klik 2 kali maka aplikasi sudah dapat digunakan. Namun jika teman-teman ingin aplikasi tersebut tersedia di Launchpad, teman-teman cukup lakukan copy paste atau drag n drop icon aplikasi ke folder Applications, seperti pada gambar berikut.

Instalasi Aplikasi Android Studio pada MacOS

Setelah dilakukan copy paste ataupun drag n drop ke folder Applications, maka aplikasi tersebut sudah dapat langsung diakses melalui Launchpad. Simpel bukan?

File .pkg

File aplikasi dengan ekstensi .pkg ini memerlukan proses instalasi sebelum dapat digunakan. Prosesnya hampir sama saja seperti instal aplikasi di Windows, hanya saja Apple memiliki standar baku dalam tahapan instalasinya, sehingga semua tahapan file instalasi memiliki tampilan yang mirip.

Tahapan instalasi aplikasi MySQL di MacOS (Sumber: Internet)

File .dmg

File dengan ekstensi ini merupakan file archive (file terkompresi), sehingga untuk menginstalnya kita perlu lakukan ekstrak. Proses ekstraknya juga sangat mudah, kita hanya perlu lakukan klik 2 kali pada file ini maka file di dalamnya akan langsung dapat dipanggil.

Proses Ekstraksi File .dmg pada MacOS (Sumber: Internet)

Dan biasanyapun isi dari file .dmg adalah file ekstensi .app ataupun .pkg.

AppStore

Selain melakukan instalasi menggunakan ketiga jenis file di atas, Apple juga menyediakan app store yang berisi jutaan aplikasi siap install, baik yang gratis maupun yang berbayar. Teman-teman hanya perlu memasukkan Apple ID untuk proses verifikasinya.

AppStore – Kumpulan Aplikasi di MacOS Siap Install (Sumber: Internet)

Nah, itulah tadi sedikit informasi tentang cara-cara instalasi aplikasi di MacOS. Setelah membacanya ternyata memang mudah melakukan instalasi aplikasi pada MacOS. Semoga bermanfaat 😊

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.