Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect()

Mengatasi Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect()


Mengatasi Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect() – Bagi programmer pemula, pesan error yang muncul tatkala saat memprogram terkadang membuat kita bingung, padahal kita sudah mengikuti tutorialnya dengan benar. Salah satu error yang sering terjadi bagi programmer pemula pada bahasa pemrograman PHP dan database MySQL adalah muncul pesan Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect(). Tulisan ini akan menjelaskan dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa dan Bagaimana Pesan Error tersebut?

Pesan error Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect() merupakan pesan yang muncul ketika kita mencoba mengakses sebuah built-in function pada PHP bernama mysql_connect() namun PHP tidak mengenali function tersebut.

Lalu dimana salahnya? Perlu teman-teman ketahui bahwa function mysql_connect() merupakan sebuah fungsi pada PHP yang digunakan untuk melakukan koneksi ke database server yang sudah dinyatakan usang sejak PHP versi 5.5.0 dan sudah dihapus sejak PHP versi 7.0.0.

Penjelasan tentang fungsi mysql_connect dari website php.net

Jadi jika teman-teman sedang membaca referensi, baik buku, ebook, atau dari website maka referensi yang teman-teman baca itu sudah ketinggalan jaman dan tidak sesuai lagi untuk diikuti, karena PHP yang teman-teman gunakan sudah menggunakan setidaknya versi 7.0.0, jadi silakan ganti referensinya.

Cara Mengatasi Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect()

Jika sudah paham mengapa muncul pesan Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect(), maka selanjutnya ialah bagaimana mengatasi pesan error tersebut. Karena fungsi mysql_connect() sudah tidak digunakan lagi, maka penggantinya yang baru yang telah disarankan oleh php ialah dengan menggunakan mysqli_connect() atau dengan menggunakan PDO (PHP Data Object).

Baca juga: Mengatasi Warning: mysqli_query() expects at least 2 parameters, 1 given

Teman-teman bisa melihat potongan kode berikut ini tentang penggunaan fungsi mysqli_* sebagai pengganti fungsi mysql_* yang sudah dihapus oleh PHP sejak versi 7.0.0.

Contoh penggunaan fungsi mysqli_* sebagai pengganti fungsi mysql_*

Tutorial-tutorial PHP yang saya gunakan pada blog ini sudah menggunakan mysqli_*, sehingga teman-teman bisa menjadikan blog ini sebagai salah satu referensi. Silakan follow blog ini sehingga teman-teman tidak ketinggalan konten terbaru. Hehe

Nah, itulah tadi bagaimana cara mengatasi Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function mysql_connect() pada PHP dan MySQL. Setelah memahami maksud pesan errornya, semoga teman-teman bisa segera move on ke fungsi mysqli_* atau PDO. Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.