Selection Sort

Implementasi Algoritma Selection Sort (Algoritma Mengurutkan Angka)


Bismillaahirrohmaanirrohiim. Terdapat beberapa algoritma yang dapat digunakan untuk mengurutkan angka, baik mengurutkan angka dari kecil ke besar ataupun sebaliknya. Beberapa algoritma pengurutan angka (sorting) diantaranya adalah Bubble Sort, Selection Sort, Insertion Sort dan lain-lain. Pada tulisan ini akan saya contohkan bagaimana implementasi algoritma selection sort untuk mengurutkan angka acak menjadi berurutan dari kecil ke besar dengan menggunakan Javascript. Namun tidak menutup kemungkinan algoritma ini dapat diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman lainnya.

Algoritma Selection Sort

Algoritma selection sort merupakan sebuah metode pengurutan angka dengan cara memilih elemen (nilai) ke-i dan menukar elemen terpilih tersebut dengan elemen lainnya. Nilai i dimulai dari 1 hingga N, dimana N adalah total elemen dikurangi 1.

Cara kerja dari algoritma ini ialah dengan menerapkan teknik looping (perulangan), dan setiap angka akan dipetakkan kedalam blok-blok. Pada saat melakukan loop, program akan memilih (select) angka pada blok pertama dan membandingkannya dengan angka pada blok kedua, ketiga hingga ke N. Apabila ditemukan angka yang lebih kecil daripada angka pada blok pertama, maka lakukan perpindahan posisi (swap).

Contoh Algoritma Selection Sort

Pada saat loop yang kedua, maka program akan men-seleksi angka pada blok kedua dan membandingkannya dengan angka pada tiap-tiap blok setelahnya. Apabila ditemukan angka yang lebih kecil, maka lakukan perpindah posisi, dan seterusnya hingga didapatlah posisi berurutan.

Implementasi Algoritma Selection Sort

Untuk mulai mengimplementasikan algoritma ini, terlebih dahulu ada 2 aplikasi yang diperlukan yaitu Teks Editor dan Web Browser. Disini Teks editor yang saya gunakan ialah Sublime Text dan Google Chrome sebagai web browsernya. Teman-teman juga boleh gunakan teks editor dan web browser lain.

Pada artikel kali ini akan saya contohkan terdapat sebuah deret angka yang tersusun secara acak dalam sebuah array, dengan susunan angka: 27, 38, 3, 43, 9, 82, 10. Apabila angka-angka tersebut diurutkan, maka seharusnya menjadi: 3, 9, 10, 27, 38, 43, 82

Ok, mari mulai coding. Pertama silakan buka teks editor lalu ketikkan baris program berikut.

Implementasi Algoritma Selection Sort dengan Menggunakan Javascript

Simpan dengan nama selection_sort.html. Untuk melihat hasilnya, silakan buka file selection_sort.html dengan menggunakan web browser lalu tekan tombol Ctrl + Shift + i pada keyboard secara bersamaan. Dan terakhir pilih tab Console maka akan tampil hasilnya seperti ini.

Sebelum Pengurutan, Proses Pengurutan dan Setelah Pengurutan Menggunakan Selection Sort

Demikianlah implementasi dari algoritma selection sort. Meskipun bahasa pemrograman telah menyediakan function untuk pengurutan angka ini, namun memahami dan mampu mengimplementasikannya menjadi suatu hal yang mengasyikkan. Semoga bermanfaat and keep coding! 🙂

Advertisements

1 thought on “Implementasi Algoritma Selection Sort (Algoritma Mengurutkan Angka)

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.