Membuat Bash Script Sederhana untuk Kebutuhan Menjalankan Aplikasi Lazarus di GNU/Linux

Membuat Bash Script Sederhana untuk Kebutuhan Menjalankan Aplikasi Lazarus di GNU/Linux


Bismillaahirrohmaanirrohiim. Tulisan ini sebenarnya lanjutan dari tulisan saya sebelumnya tentang Mengatasi SQL Error: Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2). Dimana setelah saya telusuri, solusi yang saya tulis pada tulisan tersebut belumlah sepenuhnya bisa langsung digunakan, alias harus dilakukan berulang-ulang agar dapat menggunakan Zeos Connection pada IDE Lazarus. Hal ini karena ternyata ketika service XAMPP (Lampp) dimatikan, maka akan menghapus direktori mysqld yang di-link kan. Setelah dipikir-pikir, akhirnya ketemu solusi ini dan aman sampai sekarang yaitu dengan membuat bash script sederhana.

Membuat Bash Script

Idenya sederhana, hanya menjalankan beberapa baris perintah menjadi sekali langkah saja. Alhasil menjadi lebih ringkas, hemat waktu, dan yang terpenting ialah tidak salah urutan.

Untuk mengaktifkan XAMPP (Lampp pada Linux) caranya sederhana yaitu dengan menjalankan perintah lewat console (Terminal) lalu mengetikkan perintah berikut:

$ sudo /opt/lampp/lampp start

Sesaat setelah perintah tersebut dijalankan, maka akan terbentuk file mysql.sock didalam /opt/lampp/var/mysql/. Namun jika service dihentikan, maka file ini juga akan hilang. Padahal file inilah yang dibutuhkan oleh Zeos Connection (library Lazarus) agar dapat berkomunikasi dengan MySQL, namun posisi PATH-nya ada di /var/run/mysqld/mysqld.sock. Cara mengatasinya gampang, sudah saya tuliskan pada artikel sebelumnya yaitu dengan membuat symlink.

Tapi jika setelah service di-stop lalu file ini hilang, tentu harus mengulang perintah lagi. Nah, inilah yang harus dimasukkan pada bash script. Silakan buka terminal lalu ketikkan perintah berikut untuk menjalan editor Sublime Text pada mode root yang bertujuan membuat dan mengedit file custom-start-lampp.sh di dalam /opt/lampp/.

$ sudo touch /opt/lampp/custom-start-lampp.sh

$ sudo subl /opt/lampp/custom-start-lampp.sh

Didalam Sublime Text, ketikkan baris berikut:

Membuat Bash Script Sederhana untuk Kebutuhan Menjalankan Aplikasi Lazarus di GNU/Linux

Setelah selesai, jangan lupa simpan file tersebut. Agar file tersebut dapat dieksekusi, ketikkan perintah berikut pada terminal:

$ sudo chmod +x /opt/lampp/custom-start-lampp.sh

Sekarang, untuk menjalankan lampp bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu:

$ sudo /opt/lampp/lampp start

Atau

$ sudo /opt/lampp/custom-start-lampp.sh

Demikianlah cara singkat bagaimana membuat bash script sederhana untuk kebutuhan menjalankan aplikasi Lazarus di GNU/Linux khususnya yang menggunakan Zeos Connection. Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.