Mengatasi SQL Error: Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2)


Bismillahirrohmaanirrohiim. Beberapa waktu yang lalu saya mulai tertarik lagi dengan pemrograman desktop. Kali ini adalah tentang IDE Lazarus yang disebut-sebut sebagai Delphinya Linux. Sama seperti Delphi, Lazarus merupakan sebuah IDE (Integrated Development Environment) yang basis bahasa pemrogramannya adalah Pascal. Disini akan saya tuliskan pengalaman saya dalam mengatasi error yang terjadi saat hendak melakukan koneksi ke MySQL server menggunakan Zeos pada sistem operasi GNU/Linux dengan menggunakan XAMPP (Lampp) yang bunyi pesan errornya adalah SQL Error: Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2)

ZeosDBO (Zeos) merupakan salah satu komponen pada Delphi ataupun Lazarus yang digunakan untuk melakukan koneksi ke database. Untuk dapat menggunakan komponen ini pada Delphi ataupun Lazarus, temen-temen harus melakukan pemasangan komponen pada Delphi atau Lazarus tentunya.

Instalasi Komponen Zeos

Komponen Zeos yang saya gunakan adalah versi 7.2.4 stable yang saya download dari link ini. Untuk instalasinya juga cukup mudah, saya perlu dua link tutorial. Yang pertama adalah link instalasinya, dan yang kedua adalah link untuk mengatasi kendala yang dihadapi, kebetulan karena saya gunakan Linux jadi sedikit ada problem saat menginstal komponen baru di Lazarus. Masing-masing linknya dapat dilihat disini dan disini.

Salah Satu Tahapan Instalasi ZeosDBO pada Lazarus

Mengatasi SQL Error: Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2)

Nah, pesan ini muncul ketika saya gunakan salah satu komponen pada Zeos yaitu ZConnection yang bertugas menghubungkan antara Lazarus dengan MySQL. Sesaat setelah melakukan properti Connected = true, maka muncul error seperti diatas meskipun isian untuk hostname, user, password, database maupun prompt login sudah diisi seperti kebanyakan tutorial. Ternyata kasusnya karena saya gunakan MySQL bawaan XAMPP, dimana mysqld.sock nya tidak ada ditempat yang seharusnya.

Jadi solusinya ialah dengan membuat link dari MySQL yang aktif sekarang ke alamat yang diminta oleh Lazarus-nya. Tahapannya adalah:

$ sudo mkdir /var/run/mysqld

$ sudo ln -s /opt/lampp/var/mysql/mysql.sock /var/run/mysqld/mysqld.sock

Menangani error mysql command line : ERROR 2002 (HY000): Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2)
Menangani error mysql command line : ERROR 2002 (HY000): Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2)

Setelah tahapan pembuatan link ini telah selesai, jalankan XAMPP (Lampp) lalu buka kembali Lazarusnya, maka seharusnya sekarang sudah berhasil melakukan koneksi antara Lazarus dan MySQL dan tidak adalah lagi error mysql command line : ERROR 2002 (HY000): Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2). Selamaaat 🙂

1 thought on “Mengatasi SQL Error: Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2)

  1. Pingback: Membuat Bash Script Sederhana untuk Kebutuhan Menjalankan Aplikasi Lazarus di GNU/Linux | Kangriyanto.net

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.