Tata Cara Berkirim e-mail


Bismillaahirrohmaanirrohiim. Tulisan ini didasarkan pada pengalaman yang saya temui. Meski terlihat sepele, namun masih saja ada beberapa orang yang belum tahu bagaimana cara berkirim e-mail. Bukannya terlihat mengikuti perkembangan zaman, salah dalam tata cara berkirim e-mail malah terlihat gaptek.

Apa itu e-mail?

Electronic mail (e-mail) adalah sebuah media komunikasi surat-menyurat secara elektronik dari satu orang ke orang lain yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Jadi, jika dulu orang-orang berkirim surat menggunakan jasa pak Pos, di era modern seperti sekarang ini sudah berangsur beralih menggunakan jasa mail server.

E-mail banyak ditulis dengan kata email, meskipun antara e-mail dan email memiliki arti yang berbeda, namun konteks pembicaraan membuat satu dengan yang lain sudah bisa memahami. Jadi, jika disini saya menuliskan email, itu artinya adalah surat elektronik.

Salah satu layanan email yang gratis dan banyak digunakan ialah Google mail atau Gmail. Hal ini salah satunya dikarenakan dominasi perangkat Android yang mengharuskan penggunanya untuk menggunakan gmail agar dapat menggunakannya.

Tata Cara Berkirim Email

Seperti layaknya berkirim surat menggunakan media kertas, berkirim email juga ada aturannya.

Di dalam email biasanya terdiri dari beberapa field yang bisa diisi, antara lain field: to, cc, bcc, subject, body. Selain itu juga disediakan attachment untuk melampirkan dokumen. Lalu apa itu to, cc, bcc, subject dan body (compose mail) pada email?

To artinya kepada, diisi dengan alamat email penerima. Cc singkatan dari carbon copy yaitu seperti tembusan pada surat. Diisi dengan alamat email yang akan ditembusi. Bcc singkatan dari blind carbon copy dan memiliki fungsi yang sama dengan cc, bedanya adalah penerima pada field to dapat melihat email pada cc tetapi tidak pada bcc. Cc dan bcc diisi saat ingin melakukan tembusan saja.

Baik field to, cc maupun bcc, ketiganya dapat diisi dengan alamat email lebih dari satu yang biasanya dipisah dengan tanda koma.

Baca juga: Konfigurasi Microsoft Outlook untuk Menerima dan Berkirim Email

Subject artinya perihal email tersebut. Diisi dengan maksud atau hal apa email itu ditulis, layaknya perihal pada surat.

Sedangkan body diisi dengan isi email. Field ini memiliki area yang cukup luas ketimbang field to, cc maupun bcc, yang artinya teman-teman bisa menulis banyak kalimat disini. Biasakan isi email diawali dan diakhiri dengan menuliskan kalimat salam sebagai bentuk etika dalam berkirim email.

Terakhir, setelah mengisi field to, cc, bcc, subject dan juga body (compose mail), selanjutnya ialah menekan tombol kirim 😁

Nah, demikianlah tata cara berkirim email yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.