Cara Meningkatkan Performa Laptop Lawas


Bismillaahirrohmaanirrohiim. Perangkat komputer (Desktop PC/Laptop) merupakan hal wajib yang harus dimiliki khususnya bagi orang-orang yang bergelut dibidangnya. Memiliki komputer dengan performa bagus tentunya akan meningkatkan produktifitas. Tulisan ini akan menjabarkan bagaimana cara meningkatkan performa laptop lawas yang saya miliki.

Spesifikasi Laptop Setelah Upgrade

Alasan

Laptop adalah “senjata” saya dalam bekerja, menjadi hal yang aneh jika orang yang bergelut dibidang IT tetapi tidak memiliki perangkat komputer/laptop.

Laptop yang saya miliki mempunyai spesifikasi: Merek Lenovo G400s, Processor Intel Core i3-3110M, 2 GB RAM, 512 HDD SATA yang saya beli dengan harga Rp. 5 jutaan sekitar tahun 2014. Akan sedikit lag saat membuka aplikasi yang cukup berat.

Kemudian jika dilihat tahun-tahun ini semakin banyak laptop dengan spesifikasi bagus tetapi harga yang tidak terlalu tinggi. Menimbang karena kondisi laptop masih lumayan bagus, dari pada membeli laptop baru kenapa tidak upgrade komponennya saja?

Ada dua cara untuk melihat spesifikasi hardware yang akan di upgrade; dengan aplikasi atau dilihat secara langsung dengan cara dibongkar. Saya lebih memilih gunakan cara kedua.

Upgrade RAM

RAM (Random Access Memory) atau biasa disebut memory merupakan perangkat komputer yang digunakan untuk menyimpan data secara sementara. Semua proses komputasi melewati RAM ini, sehingga butuh RAM yang besar agar laptop tidak lag saat memproses banyak data.

Karena alasan harga, saya berencana melepas 2 GB dan memasang 8 GB RAM (2×4 GB), maka pastikan bahwa processor masih sanggup membaca besarnya RAM dengan besaran tersebut dan juga tersedia slot memory yang masih kosong.

Dari nomor seri yang ada pada RAM, bermodal Google saya bisa tahu bahwa RAM yang saya miliki adalah Ramaxel 2 GB DDR3L 1600Mhz. Saya tinggal membeli 2 keping 4Gb dengan tipe yang sama.

Upgrade Harddisk

HDD atau harddisk merupakan perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan data yang terbuat dari piringan magnet. Karena menggunakan piringan bergerak, konsumsi daya sedikit lebih besar dari pada SSD (Solid Stade Drive), lebih cepat panas dan rawan terhadap goncangan.

Upgrade Harddisk

SSD Samsung 860 Evo dan HDD Caddy 9.5mm

Konektor harddisk yang saya miliki adalah SATA, dan karena tidak ada konektor M.2 pada motherboard maka saya putuskan untuk membeli SSD Samsung 860 Evo 250 GB SATA yang dikenal memiliki kemampuan lebih baik ketimbang merk lain.

Kelebihan SSD ketimbang harddisk adalah kemampuan baca tulisnya yang lebih tinggi hingga 500an MB/s ketimbang harddisk yang hanya maksimal di 100an MB/s, sehingga lebih kencang dari pada harddisk.

SSD ini akan sepenuhnya saya gunakan sebagai tempat sistem operasi, sedangkan harddisk yang lama saya pasang menggunakan HDD Caddy untuk menampung data-data saja.

Umumnya ada dua ukuran untuk HDD Caddy yaitu 12.7mm dan 9.5mm, saya gunakan 9.5mm berbekal dari membaca berbagai referensi untuk ukuran yang pas di laptop saya. Saya sarankan agar mengukurnya sendiri ketebalan DVD ROM Drive nya.

Upgrade Processor

Processor adalah “otak” dari sebuah komputer, dengan meng-upgrade nya, kemampuan memproses data juga semakin cepat.

Ada jenis laptop yang processor nya tertanam, dan ada juga yang dapat dilepas. Namun meng-upgrade ini tidak disarankan karena cukup beresiko.

Demikianlah cara upgrade laptop lawas agar mempunyai performa yang bagus dengan biaya yang murah. Semoga menginspirasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.