Digitalent: Beasiswa Pelatihan Keterampilan Digital dari Kominfo


Bismillaahirrohmaanirrohiim. Pada era sekarang ini peranan teknologi sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Setiap hari kita selalu menggunakannya. Memiliki kemampuan di bidang ini merupakan hal yang wajib jika ingin survive pada era teknologi 4.0. Tulisan ini akan sedikit bercerita tentang apa dan bagaimana digitalent itu. Dan bagaimana saya bisa menjadi salah satu penerima beasiswa digitalent itu.

Apa itu Digitalent?

Digitalent atau disebut dengan Digitalent Kominfo ialah salah satu program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang memberikan kesempatan training bagi putra-putri bangsa dalam bidang digital, salah satunya dan yang saya ikuti ialah Online Academy: Mobile Android Programming (Google).

Kesempatan training ini (beasiswa) tidak didapatkan begitu saja, ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

Secara pastinya saya lupa apa saja dan kapan proses seleksi ini dilakukan. Yang jelas, dalam beberapa bulan terakhir ada dua proses yang saya ikuti yaitu proses registrasi, dan berikutnya ialah tes substansi.

Bagaimana Mekanisme Pelatihan di Digitalent?

Seperti yang sudah saya katakan tadi, peserta training harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui website digitalent.kominfo.go.id. Selanjutnya panitia akan menginformasikan jadwal tes substansi.

Pada saat tes substansi, calon peserta wajib menyelesaikan beberapa soal (kalau tidak salah ada 40 soal) yang terdiri dari soal pengetahuan dan soal kompetensi dalam bidang pemrograman khususnya. Hasil tes substansi ini kemudian akan diperiksa oleh panitia, dan alhamdulillah saya masuk sebagai salah satu dari dua ribuan peserta lainnya.

Setelah dinyatakan lulus seleksi, peserta wajib melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai peserta training.

Mitra Penyelenggara Pelatihan Program Online Academy

Beasiswa training Android yang saya ikuti ini ditraining langsung oleh Dicoding, lembaga training resmi Android bersertifikat dari Google.

Jadi dengan bahasa yang sederhana, Kominfo membayarkan sepenuhnya biaya training yang dilaksanakan oleh peserta training.

Bagaimana Saya Mendapatkan Informasi Beasiswa Digitalent?

Secara kebetulan saya sedang mengikuti kelas belajar trial yang diadakan oleh Dicoding, lalu kemudian Dicoding mengirimkan informasi tentang beasiswa ini. Awalnya saya abaikan.

Kemudian ada beberapa orang yang menyinggung Digitalent ini di forum online, akhirnya informasi yang awalnya saya abaikan kemudian saya ikuti, alhamdulillah sekarang menjadi salah satu pesertanya 😁

UPDATE:

Bagi yang mau mendaftar juga tetapi tanpa beasiswa (karena pendaftaran lewat beasiswa sudah tutup), bisa klik link ini.

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.