Konfigurasi Microsoft Outlook Untuk Menerima dan Berkirim Email


Bismillaahirrohmaanirrohiim. Pada tulisan ini saya akan berbagi cara bagaimana melakukan konfigurasi aplikasi mail client buatan Microsoft untuk menerima maupun berikirim email, yaitu aplikasi Microsoft Outlook 2016. Jadi bagi yang belum tahu, Microsoft Outlook adalah aplikasi mail client yang memungkinkan kita mengakses mail server menggunakan aplikasi. Keuntungannya, kita masih dapat mengakses daftar email yang pernah kita buka sebelumnya meskipun dalam keadaan offline.

Yang ingin saya bagikan langkah-langkahnya disini ialah dari sisi aplikasi mail client nya. Dan untuk konfigurasi mail servernya sendiri saya dapatkan langsung dari jasa penyedia hosting.

Persiapan

Hal yang harus disiapkan pertama kali agar dapat melakukan konfigurasi yaitu tentunya teman-teman sudah menginstall aplikasi mail client tersebut pada komputer. Selain itu juga sudah mengetahui nama incoming dan outgoing server lengkap dengan portnya. Dan terakhir tentunya alamat emailnya ๐Ÿ˜€

Berikut ini adalah contoh konfigurasi yang harus kita masukkan pada aplikasi mail client Microsoft Outlook yang saya dapatkan dari penyedia hosting.

Konfigurasi Mail Client dari Penyedia Layanan Hosting

Setelah kebutuhan di atas sudah dipenuhi, selanjutnya masuk ke tahapan konfigurasi aplikasi mail clientnya.

Langkah Konfigurasi Mail Client

Konfigurasi ini hanya dilakukan sekali saja, atau pada saat ingin menambahkan akun lain pada aplikasi ini.

Silakan buka aplikasi Microsoft Outlook maka akan muncul window seperti berikut ini. Atau jika teman-teman tidak menemukannya, bisa mengaksesnya dari menu Preferences > Account lalu masukkan alamat email.

Konfigurasi Awal Mail Client Microsoft Outlook 2016 for Mac

Klik Continue untuk mengatur incoming server dan juga outgoing server lengkap dengan port-nya yang didapat dari penyedia layanan hosting di atas.

Konfigurasi Incoming Server dan Outgoing Server beserta Port

Silakan diisi dengan benar, lalu klik Add Account. Tunggu hingga beberapa saat hingga proses konfigurasi selesai dilakukan.

Oh ya, kebetulan disini saya menggunakan alamat email selain dari penyedia web mail terkenal seperti gmail. Untuk gmail sendiri biasanya terdapat notifikasi/pengaturan khusus di bagian web mailnya agar memberikan izin untuk mengakses mail server melalui aplikasi pihak ketiga.

Jika pengaturan sudah dilakukan dengan benar, maka hasilnya adalah sebagai berikut. Klik tombol Done dan Aplikasi mail client akan melakukan download/remote email yang ada pada web mail.

Jika suatu saat teman-teman ingin berkirim email, maka cukup buka aplikasi ini lalu tulis email tujuan, subjek, tulis isi pesan atau lampirkan sesuatu langsung dari sini tanpa perlu harus membuka web browser. Selain itu, apabila ada email baru yang masuk, maka teman-teman akan mendapatkan notifikasinya.

Konfigurasi Mail Client Telah Berhasil

Nah, itulah tadi beberapa tahapan dalam konfigurasi mail client Microsoft Outlook agar dapat digunakan untuk berkirim dan menerima email tanpa harus membuka web browser. Semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

Advertisements

1 thought on “Konfigurasi Microsoft Outlook Untuk Menerima dan Berkirim Email

  1. Pingback: Tata Cara Berkirim e-mail | Kangriyanto.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.