Membuat Framework PHP Sendiri


Bismillaahirrohmaanirrohiim. Membuat website/aplikasi website dengan bermodal kemampuan native saja saya rasa kurang baik, terlebih jika aplikasi tersebut bakal terus di maintenance dan dikembangkan untuk jangka waktu yang lama. Kemudahan untuk membaca kembali alur logika program ini penting, maka dari itu perlu adanya sebuah kerangka kerja pembuatan website akan setiap alur program dapat dibaca/ditelusuri kembali dengan mudah.

Framework hadir sebagai sebuah solusi bagi web programmer maupun web developer baik yang bekerja sendiri maupun secara tim dalam membuat dan mengembangkan aplikasi/website.

Mengapa Harus Framework?

Framework atau kerangka kerja ini nantinya akan memudahkan programmer dalam membuat aplikasi website, karena biasanya khususnya yang saya rasakan dalam pembuatan aplikasi/website, seorang programmer akan melakukan pekerjaan yang relatif sama dan biasanya berulang-ulang.

Karena sudah banyak tersedia “alat bantu” untuk membantu programmer membuat aplikasi/website, framework sangat sering digunakan.

Telah tersedia banyak sekali PHP Framework diluar sana yang bisa kita gunakan secara gratis, diantaranya CodeIgniter, Yii, Laravel, Slim, Nova, Panada dan sebagainya yang masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca Juga:

Seri Tutorial Framework CodeIgniter

Dengan menggunakan framework yang ada, maka dalam programming tentu kita harus mengikuti aturan baku dalam framework tersebut. Misalnya saja terkait penamaan file, class, desain pattern harus mengikuti aturan dari masing-masing framework. Lalu mengapa tidak membuat framework sendiri? Dalam artian kita sendiri yang menentukan aturan tersebut.

Mengapa Harus Membuat Framework Sendiri?

Contoh codingan dengan framework PHP buatan sendiri

Seperti yang telah saya singgung diatas, dengan menggunakan framework yang ada tentu kita harus mengikuti aturan dari framework tersebut. Artinya selain harus mempelajari “bahasa” pemrogramannya, kita harus mempelajari pola programming mereka.

Saya pribadi tertarik untuk membuat framework sendiri ketimbang menggunakan framework yang ada. Bukan bermaksud menyaingi, tetapi sebatas tidak ingin terikat dengan aturan mereka dan juga fitur yang terlalu banyak dan bahkan tidak kita gunakan yang saya rasa hanya akan menjadi mubazir.

Tulisan ini hanya sebatas curhatan semata. Jika ada teman-teman yang tertarik untuk tahu bagaimana membuat framework PHP sendiri, silakan beri komentar dibawah dan saya akan buatkan postingan khusus tentang framework yang sudah saya buat.

2 thoughts on “Membuat Framework PHP Sendiri

  1. Pingback: Membuat Aplikasi PHP MVC Sederhana Tanpa Framework | Kangriyanto.net

  2. Pingback: Seri #4 – Tutorial Belajar Framework CodeIgniter untuk Pemula | Parsing Data | Kangriyanto.net

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.