Android Studio 3.4.1 Welcome Screen

Android Studio Lambat? Begini Cara Mengatasinya


Bismillahirrohmanirrohim. Android Studio merupakan sebuah IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan untuk membuat aplikasi mobile pada sistem operasi Android. Sampai saat saya menulis artikel ini, Android Studio telah sampai pada rilis major 3.4. Android studio merupakan aplikasi yang memerlukan resource komputer yang tinggi, sehingga jika dipaksakan untuk dapat berjalan pada komputer “kentang”, maka bisa dipastikan proses build gradle akan terasa sangaaaat lama.

Solusi

Beberapa solusi yang umumnya dapat ditemui dan mungkin sering disarankan oleh kebanyakan android dev (julukan bagi pengembang aplikasi android) yaitu dengan mengupgrade RAM (memory) komputer.

Edit: Selain itu juga bisa dengan mengupgrade storage harddisk/HDD menjadi SSD.

Solusi berikutnya yang dapat diambil untuk mempercepat android studio yang terasa berat adalah dengan menggunakan gradle local yang pengaturannya dapat dijumpai pada Preferences>Build, Execution, Deployment>Gradle lalu aktifkan (centang) Offline Work pada bagian Global Gradle Settings. Cara ini bisa digunakan jika setidaknya teman-teman sudah pernah mendevelop projeknya menggunakan gradle online.

Solusi ketiga agar android studio tidak terlalu lambat ialah dengan menggunakan real device saat proses running aplikasi, dan bukan dengan menggunakan emulator bawaan. Meskipun banyak juga yang menyarankan dengan menggunakan emulator lain seperti Genymotion, namun saya lebih suka menyarankan untuk menggunakan real device (smartphone kamu sendiri).

Dan terakhir solusi yang bisa digunakan untuk kamu yang memiliki android studio yang lambat ialah dengan mematikan beberapa plugins yang tidak diperlukan, karena secara default android studio akan me-load plugin-plugin ini meskipun kita sendiri tidak memerlukannya saat mendevelop aplikasi android.

Cara untuk mematikan plugins ini ada di Preferences>Plugins>Installed. Hilangkan centang pada nama plugins yang ingin dimatikan, lalu klik Ok. Terakhir silakan restart android studionya. Tenang, ini tidak akan menghapus pluginnya kok.

Disable Plugins Android Studio

Disable Plugins Android Studio

Oh ya, untuk mengaktifkannya kembali tinggal centang nama pluginnya lalu restart android studionya.

Nah itulah beberapa cara agar android studio yang lambat dapat bekerja dengan lebih cepat sehingga teman-teman dapat mendevelop aplikasi android jadi lebih produktif.

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.