Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root


Bismillahirrohmanirrohim. Seperti kita tahu bahwa Android hadir dengan berbagai macam aplikasi bawaan, dimana aplikasi-aplikasi tersebut tidak dapat kita hapus (uninstall) seperti halnya aplikasi yang kita download dari Google Playstore. Padahal aplikasi-aplikasi tersebut tidak pernah kita gunakan, alhasil hanya membuat penuh storage smartphone kita. Nah, kali ini saya akan membagikan cara mudah menghapus aplikasi bawaan Android tanpa melalui proses root terlebih dahulu. Mengapa harus tanpa root? Karena jika smartphone telah di root, maka garansi akan hilang. Rugi donk jika garansi hilang hanya gara-gara ingin menghapus aplikasi bawaan.

Peralatan Tempur

Yang perlu kamu persiapkan sebelum memulai ialah sebuah komputer atau laptop, kabel data, packages name dan smartphone tentunya. Saya akan jelaskan lagi lebih detail tentang peralatan tempur ini.

Komputer atau laptop yang kamu gunakan harus sudah terinstall adb. Kamu bisa googling sebentar untuk mencari tahu bagaimana cara install adb pada komputermu. Kebetulan sistem operasi komputer yang saya gunakan adalah GNU/Linux Ubuntu, maka saya cukup ketikkan $ sudo apt install adb lewat terminal.

Kabel data; tentunya yang ini gak perlu dijelaskan lagi karena sudah ada bawaan saat kamu membeli smartphone. Gak mesti harus kabel data bawaan kok, kamu bisa gunakan kabel data dari smartphone lain, asalkan port atau colokannya pas 🙂

Packages Name ini adalah sebuah nama paket dari aplikasi yang akan kita hapus (uninstall). Untuk mendapatkan daftar packages name ini sebenarnya bisa lewat Terminal (GNU/Linux dan MacOS) atau lewat CMD (Windows). Atau kamu bisa gunakan aplikasi bernama App Inspector dari Playstore untuk mengetahui nama paketnya. Jadi gampangnya kita akan menghapus aplikasi berdasarkan package name ini.

Smartphone yang akan kamu gunakan harus sudah aktif fitur Developer Options dan USB Debuggingnya. Kamu bisa googling sebentar untuk mengaktifkan dua fitur ini pada smartphonemu. Gampang kok.

Mulai Bertempur

Saatnya mulai untuk “bertempur”. Kita bertempur menggunakan komputer, jadi pertama kamu perlu hubungkan komputer dan smartphonemu menggunakan kabel data. Kemudian cari aplikasi Command Prompt untuk Windows atau Terminal untuk GNU/Linux atau MacOS.

Ketikkan adb devices lalu enter. Jika tidak ada masalah seharusnya akan menampilkan pesan lebih kurang seperti pada gambar berikut ini.

Device (smartphone) telah dikenali oleh komputer melalui perintah adb devices

Jika ternyata smartphone kamu belum dikenali oleh komputer, bisa jadi kamu perlu instalkan driver smartphone kamu ke komputer.

Lanjut kita masuk kedalam shell adb dengan mengetikkan perintah adb shell lalu akan muncul tampilan seperti ini yang berarti kita telah masuk kedalam shell dari Android.

Berhasil masuk kedalam Android Shell

Untuk melihat daftar packages name (nama paket aplikasi) yang terinstall pada smartphone, ketikkan perintah pm list packages lalu enter dan akan langsung ditampilkan daftar nama paket yang ada di smartphonemu.

Daftar packages name yang ada pada smartphone

Nah, kamu bisa menghapus aplikasi berdasarkan packages name tersebut. Jika kamu bingung nama paket untuk aplikasi yang akan kamu uninstall, kamu bisa gunakan App Inspector yang sudah kamu download dari Playstore tadi.

Misalkan kita ingin menghapus aplikasi Youtube, disitu terlihat nama package name-nya yaitu com.google.android.youtube. Untuk menghapusnya dari smartphone kita, kita hanya perlu ketikkan perintah pm uninstall –user 0 com.google.android.youtube dan enter. Apabila muncul tulisan success maka kamu bisa melihat ke smartphone kamu bahwa aplikasi Youtube telah berhasil di uninstall.

Aplikasi Youtube behasil dihapus dari Smartphone

Catatan: Hati-hati saat menghapus aplikasi bawaan, jangan sampai aplikasi inti dari smartphone kamu yang terbuang sehingga menyebabkan sistem Android kamu rusak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.