Memperbesar Partisi Swap Linux


Bismillahirrohmanirrohim. Sudah cukup lama saya tidak menulis sesuatu di blog ini. Kali ini saya akan bagikan bagaimana caa memperbesar ukuran partisi swap pada sistem operasi Linux. Saya menggunakan Linux Mint 17.3 (Rosa). Sebagaimana yang saya tahu, swap merupakan partisi yang berfungsi sebagai memori cadangan pada sistem operasi apabila memori fisik (RAM) mulai overload.

Tulisan ini saya buat karena tanpa sengaja tepatnya tadi malam (8/6/2016) saya melihat sebuah SS (Screenshot) ukuran-ukuran partisi milik salah seorang member di group Android, yang mana partisi swap miliknya mencapai 5 GB. Hal ini dilakukan karena ketika menjalankan emulator Android/ Android studio (untuk keperluan pembuatan aplikasi Android), emulatornya sangat berat untuk di-load, minimal RAM adalah 4 GB. Sementara RAM laptop yang saya miliki adalah 2 GB, alhasil laptop saya berubah menjadi “siput” ketika jalankan Android Studio.

Oh ya, ukuran swap yang saya miliki saat ini adalah 1 GB. Idealnya (dulu pernah baca) ukuran swap itu 2 kali RAM. Kalau RAM nya 512 MB, maka swap nya 1 GB.

Oke, tanpa berlete-lete (bertele-tele), kita akan cobakan bagaimana merubah (resize) partisi swap pada sistem operasi Linux apabila sudah terlanjur di-instal tanpa harus instal ulang sistem operasinya.

Pertama masuk ke Terminal, lalu lihat ukuran swap saat ini dengan perintah.

$ swapon -s

Kemudian akan muncul ukuran partisi swapnya. Untuk mulai merubahnya, silakan restart komputer lalu booting via CD/DVD/USB Linux Mint 17.3 tentunya (saya gunakan USB)

Setelah boot via USB, jalankan aplikasi gparted melalui terminal. Silakan akses sebagai root.

$ sudo gparted

Lalu akan muncul GUI aplikasi gparted. Apabila ada partisi unallocated (tidak teralokasi/belum di format), bisa langsung gabungin dengan partisi swap yang ada saat ini. Kebetulan saya tidak punya partisi kosong, akhirnya saya shrink (resize) salah satu partisi yang ada, saya turunkan besar partisinya untuk saya jadikan (gabung) dengan partisi swap. Saya dapatkan 4 GB partisi kosong.

Cara gabungkannya ialah, saya klik kanan partisi swap kemudiam klik swapoff. Lalu saya hapus partisi swap saat ini, yaitu klik kanan lalu delete. Sekarang partisi kosong (unallocated) saya bertambah, yaitu dari partisi swap lama 1 GB yang sudah dihapus ditambah dengan partisi hasil shrink tadi yaitu 4 GB (total 5 GB).

Nah, 5 GB ini yang nantinya akan saya gunakan sebagai swap. Kemudian 5 GB ini saya buatkan partisi baru (klik kanan > New). Pilih jenis swap tentunya, lalu OK.

Klik Apply pada gparted agar memproses semua perubahan pada partisi. Setelah itu restart komputer dan boot via HDD (OS Linux nya).

Ternyata setelah cek via terminal melalui perintah $ swapon -s tadi, partisi swapnya malah tidak terbaca. Itu karena setelah kita lakukan format partisi tadi, maka otomatis partisi swap memiliki ID baru, sementara yang terbaca oleh sistem operasi adalah ID yang lama.

Untuk melihat ID setiap partisinya, dari terminal ketikkan:

$ sudo blkid

Akan muncul nama partisi, UUID dan TYPE partisinya. Silakan copy nilai UUID untuk TYPE=”swap”. Nilainya yang seperti ini: a5d69deb-654a-4051-987536ad653

Masih di terminal, ketikkan:

$ gksudo gedit /etc/fstab

Lalu ubah nilai UUID pada swap dengan nilai UUID baru yang kita copy tadi. Simpan lalu restart komputer.

Untuk melihat besarnya partisi swap yang baru, dari terminal ketikkan $ swapon -s

Sekian pembahasan tentang memperbesar ukuran partisi swap di Linux, sorry gak pake screenshot (gak sempat abadikan). Maaf atas segala kekurangan, semoga bermanfaat. 😊

[SEBAIKNYA BACKUP DATA-DATA PADA PARTISI YANG DI RESIZE, SEGALA BENTUK KERUSAKAN/LOST DATA DAN SEBAGAINYA AKIBAT MENGIKUTI TUTORIAL INI, MAKA PENULIS TIDAK BERTANGGUNG JAWAB]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.