Membuat Aplikasi PHP MVC menggunakan Procedural PHP


Bismillahirrohmanirrohim.. Alhamdulillah kali ini saya coba sedikit berbagi kepada teman-teman pembaca setia blog ini tentang suatu penerapan bahasa pemrograman PHP pada konsep MVC (Model View Controller) dengan menggunakan pemrograman prosedural PHP (saya sedikit bingung dengan judulnya sih). Oke lah, jika sebelumnya teman-teman yang aktif membaca-baca isi postingan saya ini, saya pernah memposting tentang Membuat Aplikasi PHP MVC Sederhana Tanpa Framework. Bedanya ialah, jika pada postingan terdahulu saya menggunakan Class (Object Oriented Programming), namun kali ini saya menggunakan PHP Native saja.

Sebelum jauh pada isi postingan, coba teman-teman perhatikan penggalan program berikut (saya asumsikan file koneksi.php sudah dibuat sebelumnya):

<!doctype html>
<html>
<head>
<title>Belajar CRUD dengan PHP</title>
</head>

<body>
<?php
include "koneksi.php";
$query = "SELECT * FROM posts ORDER BY id_berita DESC";
$sql = mysql_query($query) or die(mysql_error());
while($post = mysql_fetch_object($sql)):
?>
   <h1><?php echo $post->judul_post; ?></h1>
   <p><?php echo $post->isi_post; ?></p>
<?php endwhile; ?>

</body>
</html>

Dari penggalan program diatas, kita dapat melihat bahwa program tersebut terdiri dari bahasa Markup (HTML), PHP dan Query SQL. Lantas apa yang salah dengan program diatas? Tidak ada. Namun program tersebut masih terbilang campur aduk antara tampilan (view) dan query SQL (model). Bagaimana kalau kita akan kembangkan program tersebut menjadi lebih kompleks? Anggap saja kita akan merubah dari sisi tampilannya saja, tentunya akan merepotkan kita karena kita harus jeli memisahkan antara sisi client (berupa tampilan/ tag-tag HTML) dan sisi server (PHP dan Query SQL). Nah, itu baru dari sisi tampilan saja yang akan kita rubah, bagaimana kalau dengan datanya (berkaitan dengan query SQL)?

Nah, pemecahan masalah diatas menggunakan cara sederhananya PHP Native namun menggunakan pendekatan pola MVC yang insya Allah akan saya tulis pada postingan berikutnya, jadi tetap update ya… đŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.