Masa Depan RiyantoCMS


Bismilllahirrohmanirrohim…
Setelah sekian lama saya tidak aktif blogging, akhirnya kali ini saya coba untuk menyempatkan lagi kegiatan blogging. Yup, judul postingan kali ini tentang masa depan RiyantoCMS. Bagi teman-teman semua pasti belum tahu apa itu RiyantoCMS, dan memang ini proyek kecil dari saya pribadi, tepatnya proyek penelitian saya ketika skripsi dulu. Lalu, seperti apa RiyantoCMS itu?

RiyantoCMS merupakan sebuah CMS (Content Management System) adalah sebuah sistem pengelola konten berbasis web, dimana orientasinya berfokus kepada pengelolaan konten berupa gambar. Seperti yang sudah saya singgung diatas, proyek pembuatan RiyantoCMS ini saya lakukan untuk penelitian skripsi saya. Beberapa fitur yang ada pada RiyantoCMS ini yang juga saya angkat sebagai suatu kelebihan yaitu:

  1. Tersedianya fasilitas Auto Compress, maksudnya disini sistem akan melakukan kompresi terhadap konten (gambar) yang melebihihi kapasitas file untuk bisa diupload pada server yaitu sebesar 2 MB. Jadi apabila ukuran gambar melebihi 2 MB, secara otomatis sistem akan melakukan kompresi ukurannya, tetapi apabila ukuran gambar kurang dari 2 MB, maka sistem akan langsung menguploadnya tanpa melewati proses kompresi. Kelebihan dari tersedianya fitur ini adalah seorang administrator (katakanlah pemilik website) tidak perlu melakukan kompresi gambar secara manual yang akan diupload, sehingga lebih hemat waktu, lebih hemat aplikasi.
  2. Tersedia fasilitas Auto Post, tetapi tidak seperti Bot kebanyakan. Maksudnya ialah, kita dapat menentukan suatu postingan dapat ter-post otomatis sesuai dengan waktu yang telah kita tentukan sendiri. Ini terinspirasi karena tidak selamanya kita berada didepan komputer untuk meng-update informasi pada website kita, tetapi ada kalanya kita tidak terhubung pada jaringan internet. Dengan menggunakan fitur ini kita dapat memperbaharui informasi pada website kita dimulai dari sekarang, misalnya saya akan memposting ucapan selamat tahun baru 2015 dari sekarang dan otomatis akan ter-post pada 1 Januari 2015. Jadi, selama tanggal belum menunjukkan tanggal 1 Januari 2015, postingan akan disembunyikan.
  3. Tersedia fasilitas Auto Hide. Yang disembunyikan disini ialah postingan kita. Misalnya kita ingin menampilkan informasi dengan selang waktu tertentu (dalam hitungan hari, anggap 10 hari dari tanggal posting), kita bisa gunakan fasilitas ini dan secara otomatis setelah 10 hari, postingan akan segera “menghilang”.
  4. RiyantoCMS mendukung fitur Multi-Templates, sehingga kita dapat mengganti template sesuai dengan keinginan kita sendiri, meskipun secara standar template yang disediakan hanya 2 (dua) buah template.
  5. Tersedia fasilitas komentar, sehingga antara pengunjung website dengan pengelola/pemilik website bisa berinteraksi dengan cara saling berkomentar pada postingan.

Dari beberapa kelebihan yang saya angkat pada proyek penelitian saya waktu lalu itu, beberapa kekurangan juga pasti ada, diantaranya:

  1. Hanya tersedia 1 (satu) orang administrator/pengelola website dan tidak tersedianya fasilitas untuk menambah pengelola lainnya. Sehingga akan dirasa sangat kurang efektif apabila kita mengharapkan sebuah website yang mampu up-to-date.
  2. Fitur Multi-Templates belumlah sempurnya, karena saya sendiri tidak menyediakan fasilitas untuk instalasi template baru. Namun demikian, kita dapat menambahkannya secara manual dengan cara menempatkan tempate baru kedalam folder template, dan informasi tentang template tersebut pada tabel database.

Dan yang menjadi catatan penting bagi saya adalah, sistem ini saya buat menggunakan konsep OOP meskipun menurut saya itu belumlah sempurna karena saya merasa terkena istilah “God Class”, dimana terdapat 1 (satu) kelas yang sangat berperan didalam ini sistem ini sehingga saya merasa untuk memperbaiki pattern ini dan memperbaiki beberapa kekurangan-kekurangan lainnya.

RiyantoCMS ini mengadopsi pada 3 (tiga) buah CMS.

  1. Dari sisi proses instalasinya saya mengadopsi CMS WordPress, dimana dengan beberapa langkah mudah kita sudah dapat memiliki sebuah website.
  2. Dari sisi struktur direktorinya saya mengadopsi CMS Joomla!, dimana saya memisahkan antara lingkungan Instalasi CMS dan lingkungan pengunjung maupun administrator.
  3. Dari sisi pengkodingan atau pemrogramannya, saya mengadopsi gaya CMS Lokomedia, dan saya pikir CMS Lokomedia juga mengadopsi gaya CMS Joomla!

Nah, bagaimana masa depan RiyantoCMS ini? untuk sekarang masih saya “diamkan” dulu sampai datang waktunya saya perbaiki kekurangan-kekurangannya dan untuk kemudian saya distribusikan paketnya secara gratis. Insya Allah.

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.