Mulai “Grak!”


Setelah sekian lama gak nulis di blog, yah biasa lah ada banyak faktor X yang membuat saya tidak nulis di blog ini dalam waktu yang cukup lama, dan baru kesampaian untuk nulis lagi sekarang. Kali ini saya tidak akan memberikan ilmu baru kepada teman-teman pembaca, kali ini hanya sebuah coretan kecil mengisi waktu luang dipagi hari (8:40 AM | Oct 12, 2012 tulisan ini saya mulai).

Saat ini saya tengah disibukkan dengan skripsi saya yang mesti saya selesaikan pada tahun ini juga, insya Allah pada bulan Desember ini target wisuda saya. Saya merasa bahwa setiap kejadian yang saya alami selalu mendapatkan banyak cobaan. Satu contoh kemarin yang membuat saya jadi shock dan tentunya menjadi pelajaran tersendiri bagi saya pribadi, data-data dan program yang sudah  50% saya kerjakan, raib dan meninggalkan satu ide yang sama. Hanya skripsi pada bab-1 dan bab-2 saja yang masih ada, itupun hanya sebahagiaannya saja.

Kejadian ini bermula ketika malam itu (August 14, 2012), adalah malam kesekian dibulan Ramadhan. Seperti biasa saya dan keluarga pergi ke Musholla untuk menunaikan ibadah Sholat Isya berjama’ah dan disusul dengan sholat Tarawih dan Witir, sehingga praktis rumah kosong tak berpenghuni. Musibah siapa yang tahu, sepulang dari Musholla itulah sudah kudapati rumah saya baru saja dimasuki oleh “tamu tak diundang” dan pulang membawa kenangan sebuah laptop (termasuk skripsi dan program yang baru saya buat), ponsel dan sejumlah uang tunai.

Sekarang bukan lagi waktunya untuk menangisi bagian dari diriku, karena memang dia (laptop) yang sering menemani saya kapanpun dan dimanapun saya. Bahkan tidurpun selalu ditemani olehnya.

Bukan mungkin yang ingin saya katakan, tapi memang sudah pasti bahwa Allah mempunyai skenario tersendiri buat saya atas kejadian ini. Dan memang skenario ini sudah dibuat jauh sebelum saya dilahirkan, dan saya lah yang beperan sebagai salah satu “objek” yang mengalami kejadian ini.

Sekarang, Allah sudah menggantinya yang hilang itu, dengan itu pula Allah telah menambah pengetahuan “teknik” apa yang seharusnya saya gunakan untuk selesaikan skripsi saya ini. Awalnya saya mencoba menerapkan teknik yang digunakan oleh Nofriza Nindyasari dalam membangun sebuah website dengan mulitple template tanpa OOP (Objek Oriented Programming) yang tulisannya saya unduh dari website ilmukomputer.org, dan satu lagi dari penulis buku dan pemilik penerbitan buku Lokomedia, Lukmanul Hakim tentang bagaimana membuat module yang memisahkan antara form dan aksi dan juga sudah pernah saya tuliskan tekniknya pada postingan sebelum ini pada blog ini juga.

Dengan bergulirnya waktu, saya coba untuk pelajari teknik-teknik baru yang saya ambil dari beberapa tulisan dari teman saya (yang sampai saat ini belum pernah bertemu face-to-face, Idham Perdameian). Melalui tulisannya yang ia posting tentang melalui weblog pribadinya, seputar OOP PHP (Object Oriented Programming – PHP:Hipertext Preprocessor), juga dari banyak referensi lainnya yang banyak saya unduh melalui internet, akhirnya saya putuskan untuk mengganti teknik lama (Non-OOP) yang saya terapkan pada program saya menjadi teknik OOP. Yah, meskipun tidak 100% OOP, tapi setidaknya saya mencoba untuk membuatnya mudah untuk dikembangkan.

Alih-alih cerita dari OOP, dalam pengembangan program yang saya pakai, saya gunakan bahasa pemodelan UML (Unified Modeling Language) yang mana ini sama sekali saya belum mengerti bagaimana cara menggunakannya (awalnya). Mulailah saya coba untuk mencari-cari referensi dari berbagai sumber tentang UML ini. Alhamdulillah, Allah memberi kemudahan bagi setiap siapa saja yang mau berusaha. Beberapa artikel dan tulisan lainnya banyak saya dapatkan untuk mendalami UML ini, dan satu buah buku yang mengulas tentang diagram-diagram (13 diagram pada UML 2.3) yang ada dalam buku ini diulas dan dibuatkan studi kasusnya. Alhamdulillah, lebih mudah bagi saya untuk mempelajarinya.

Saatnya bagi saya untuk mulai “Grak!” lagi, selesaikan target wisuda tahun 2012 ini, insya Allah.

Seperti biasa, gak ada yang mudah dan gak ada yang gak mungkin. Berbagai cobaan selalu datang disaat api semangad (d = menandakan kesungguhan) membara dari dalam diri saya. Mulai dari masalah pribadi sampai masalah teman-teman yang datang silih berganti yang membuat saya harus ikut membantu menyelesaikannya.

Sepertinya tidak ikhlas memang, tapi itu semua Allah yang Maha Mengetahui. Toh, dengan saya ikut menyelesaikan permasalahannya, saya juga ikut belajar didalamnya. Mungkin dari setiap orang memiliki cara ini, belajar dari apa yang dilihat, didengar, diucap dan dilakukannya, begitu juga saya.

Disini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang sudah memberikan kontribusi kepada saya dan yang telah “menjerumuskan” saya kedalam dunia programming, Bapak HY (sebutan akrab buat Bpk. Heriyanto) yang mau membagi ilmunya terutama Desktop Programming, Visual Basic 6.0 dan HTML waktu itu dan saat masih di Sekolah Menengah Kejuruan dulu (walaupun bidang saya TKJ:Teknik Komputer dan Jaringan, bukan RPL: Rekayasa Perangkat Lunak). Dengan teman saya, Cahaya Susila (Cecep/ Dewa Kematian) bersama-sama mendalami programming dan dunia komputer lainnya hingga rela pulang jam 3 pagi, tidur beralaskan kardus bekas dan selimut gorden jendela, mirip seorang gelandangan diruangan labor.. Hmm, masih teringat jelas dalam ingatan.

Ibarat sudah kecanduan, saya akhirnya mulai banyak membeli buku dan malas untuk membacanya, buku-buku tentang programming. Masih ingat, satu buku yang menurut saya bisa dijadikan sebagai bantal untuk tidur, buku pemrograman Java, meski dibela-belain untuk membelinya jauh-jauh, tapi gak lama hilang entah dimana. Bukan untuk itu (Java) mungkin yang harus aku dalami.

Setelah sedikit menguasai PHP dari buku-buku yang saya beli, akhirnya dunia Desktop Programming menguasai otak saya dan keinginan saya dan lama ini mengganggu tiap tidur saya. Hingga akhirnya saya “terjerumus” lagi pada dunia Web Programming oleh seorang teman saya Abdul Muhib dari proyek pembuatan website yang ia tawarkan. Akhirnya keduanya sekarang saya selami lagi, walau lebih cenderung ke dunia web programming.

Mencoba, menggunakan dan akhirnya melihat kekurangan juga peluang skripsi dari program aplikasi yang sudah ada, saya coba untuk membuat salah satu CMS (Content Management System).

Panduan UML sudah dirasa cukup, PHP insya Allah juga sudah cukup, panduan Mastering CMS juga sudah cukup, saatnya bagi saya untuk “Grak!”. Bismillah, semangaaaaad! 🙂

1 thought on “Mulai “Grak!”

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.