Masuk di komunitas PHP Indonesia


Hmmm,,, setelah dirasa cukup lama “menghilang” dari dunia blogging, kini mulai aktif lagi. Berita terbaru ialah saya masuk di salah satu komunitas programming PHP (yang menurut ane) terbesar di Indonesia, namanya komunitas PHP Indonesia. Komunitas ini, sesuai dengan namanya yaitu membahas tentang pemrograman PHP (PHP: Hypertext Preprocessor), yah walaupun ada yang “melenceng” alias “guyonan”, tapi itu yang membuat asyik untuk ikutan gabung disana, terkesan tambah akrab aja. Yah, itu nilai tambahnya sih, selain tanya jawab, dan tolong menolongnya dalam pecahin masalah dari para membernya.

Awalnya bisa masuk kesana karena dikasih link sama seorang teman. Waktu itu dia (teman) tadi tanya dalam grup di halaman facebook tentang method getter dan setter di PHP. Nah lho, ini anak belajar darimana? Kok udah tahu konsep OOP di PHP sih? Pas ane tanya, ternyata anak ini udah gabung di komunitas PHP Indonesia. Trus ane minta aja link nya, trus gabung deh.

Setelah gabung, ngerasa juga sih “minder”, soalnya yang ada disana (di komunitas) udah para master semuanya. Ane masih newbie lah, masih perlu banyak-banyak belajar lagi. Hmmmm, meskipun ada sebagian member lain yang bertanya dan itu masih bisa ane handle (secara pribadi).

Beberapa yang tangkap dari hasil ikut komunitas ini, ternyata semakin banyak kita mengenal seseorang maka semakin banyak algoritma yang kita dapatkan. Misalnya gini, untuk “mecahin” satu case saja kalau menurut ane sih gak pake cara-cara yg para master jawab, gak kepikiran malah… Tapi hasilnya juga sama, cuma caranya aja yg sedikit berbeda.

Semoga aja dengan ikut komunitas ini bisa semakin menambah kemampuan programming di PHP khususnya.

 

Advertisements

11 thoughts on “Masuk di komunitas PHP Indonesia

      1. idham

        Di sana rata2 orangnya open mas bro, tapi biasanya para masternya diam2 aja gak ikut banyak komen. Ane pernah punya pengalaman nih, udah nyari sana sini gak nemu tutorial bagus akhirnya ane tanya di komunitas itu dan akhirnya pertanyaan ane kekubur sama yang baru2. Soalnya pertanyaannya sulit banget mas bro 😆 tapi gak apa2 itu justru memacu untuk belajar yang lebih.

        Like

  1. Anggie Sulistiani

    Ane juga anggota di grup itu Gan..

    Btw php sekarang udah ada pesaingnya. Namanya Node.js

    Waktu itu ane belajarnya dari sini:
    http://rakifsul-sysmon-id.bitballoon.com/

    Di facebook juga ada komunitasnya, Gan, tapi masih agak sepi.

    Btw di link tadi kita diajarin Node.js sambil praktek.

    Sambil membuat aplikasi Windows Task Manager-nya web.

    Lumayan buat nambah wawasan dalam web development…

    Like

    Reply
    1. Mas Riyanto Post author

      Node.js client side bukan? Walaupun terkenal kemudahannya, ane pikir mereka berdua beda “lingkungan” gan, satu client side satu lagi server side. Kalo ane berpendapat sih, cocoknya “saling melengkapi”..

      Btw, thanks sudah mampir di blog ane gan 😊

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.